Home Media Radio Menjawab Tantangan Zaman

Radio Menjawab Tantangan Zaman

Radio Menjawab Tantangan Zaman

Radio Menjawab Tantangan Zaman adalah tema acara Bimtek Capacity Building Penyiaran Radio yang diselenggarakan sebuah Radio Pemerintah Daerah (RPD) awal November 2022. Saya dipercaya sebagai narasumbernya.

Saya sampaikan dua hal pokok dalam presentasi materi sebagai upaya radio menjawab tantangan zaman atau beradaptasi dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini.

Pertama, saya katakan untuk menjawab tantangan zaman, radio tetap pada posisinya sebagai media audio dengan tetap pula profesional dalam siaran dan ranangan program.

Kedua, stasiun radio harus memanfaatkan internet dengan streaming dan melakukan digital marketing.

Streaming adalah cara pertama dan utama dalam upaya radio menjawab tantangan zaman. Dengan streaming, radio turut hadir di internet dan bersaing dengan ragam konten yang berkembang, terutama podcast sebagai “generasi baru media audio”.

Dalam digital marketing, saya sampaikan ide “digital marketing for radio” dari laman Webfx dan Radioking.

Intinya, radio harus memiliki website, mengelolanya dengan baik, menerapkan SEO, mengisinya dengan konten berkualitas, lalu turut “memainkan” media sosial, repurpose konten, hadir di podcast, juga memanfaatkan Youtube.

Dengan keterampilan berbicara yang dimiliki, para penyiar juga akan mudah membuat podcast dan vlog, sekaligus mempromosikan stasiun radionya. Adaptasi adalah kunci bertahan dalam perkembangan zaman atau kemajuan teknologi.*

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here