Home Pelatihan Pengertian Pelatihan dan Metode Training Efektif

Pengertian Pelatihan dan Metode Training Efektif

Pelatihan Manajemen Media Internal Lembaga dan Perusahaan

Pengertian Pelatihan dan Metode Training Efektif. Pelatihan (training) merupakan proses pembelajaran atau pendidikan janga pendek untuk memahami dan menguasai keterampilan (skilling).

Berbeda dengan seminar atau webinar yang hanya membahas suatu topik agar peserta mengerti atau mendapatkan solusi suatu masalah, pelatihan memberikan pemahaman dan keterampilan (knowledge and skills) kepada peserta.

Dalam sebuah pelatihan, peserta dilatih mengerjakan sesuatu atau mempraktikkan sebuah keterampilan. Karenanya, dalam sebuah pelatihan, seharusnya peserta yang aktif, yakni aktif berlatih atau mengasah keterampilan, bukan aktif mendengarkan “ceramah” pemateri (trainer/narasumber).

Misalnya, dalam pelatihan jurnalistik, idealnya lebih banyak membimbing peserta belajar reportase dan menulis berita, setelah menyampaikan “teori” untuk memberikan pemahaman dasar tentang jurnalistik.

Contoh lain, dalam pelatihan humas, pemateri lebih banyak memandu peserta mempraktikkan kegiatan kehumasan –misalnya menulis rilis pers, konferensi pers, atau media monitoring– ketimbang “ceramah” soal humas.

Pelatihan public speaking harus memberikan kesempatan kepada sebanyak mungkin peserta –kalau tidak bisa semuanya– tampil di depan untuk berlatih pidato/presentasi.

Intinya, sebuah pelatihan harus lebih banyak praktik ketimbang teori; peserta harus lebih aktif ketimbang trainer.

Pengertian Pelatihan

Secara bahasa, pelatihan adalah proses, cara, perbuatan melatih; kegiatan atau pekerjaan melatih (KBBI).

Dalam bahasa Inggris, pelatihan adalah proses mempelajari keterampilan yang Anda butuhkan untuk pekerjaan atau aktivitas tertentu. (Collins Dictionary).

Pelatihan juga adalah proses pemberian keterampilan yang dibutuhkan untuk seni, profesi, atau pekerjaan. (Britannica).

Banyak ahli memberikan pengertian pelatihan definisi training, sebagaimana dikutip dari laman UMK berikut ini.

  • Andrew F. Sikula dalam Mangkunegara (2000:43): pelatihan adalah proses pendidikan jangka pendek dengan menggunakan prosedur yang sistematis dan terorganisir dengan tujuan peserta mempelajari pengetahuan teknik pengerjaan dan keahlian untuk tujuan tertentu.
  • Mathis (2002:5): Pelatihan adalah suatu proses di mana orang-orang mencapai kemampuan tertentu.
  • Ambar Teguh Sulistiani dan Rosidah (2003:175): Pelatihan adalah proses pendidikan jangka pendek dengan menggunakan prosedur sistematik pengubahan perilaku.

Metode Training Efektif

Sebuah pelatihan harus efektif. Faktor-faktor yang  yang menunjang ke arah efektivitas pelatihan, menurut Veithzal Rivai (2004:240), antara lain:

  1. Materi atau isi pelatihan
  2. Metode pelatihan
  3. Pelatih (instruktur/trainer)
  4. Peserta pelatihan
  5. Sarana pelatihan
  6. Evaluasi pelatihan

Training yang efektif mampu memberikan pemahaman, peningkatan pengetahuan dan keterampilan, serta menimbulkan perubahan pada diri peserta.

Menurut (Hasibuan, 2005:72), indikator efektivitas pelatihan dapat dilihat dari:

  1. Tambahan pengetahuan atau kemampuan peserta atau wawasan
  2. Kemampuan peserta mengingat isi pelatihan atau kemampuan
  3. Kemampuan peserta mempraktikan materi pelatihan atau trampil.

Demikian pengertian pelatihan metode training terbaik. Sebuah pelatihan yang baik tidak saja harus melibatkan peserta sehingga menjadi inovatif, kreatif, segar, ringan, dan terkadang lucu, namun juga memberikan dampak bagi peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta.

Jika Anda mengundang saya sebagai pemateri pelatihan –jurnalistik, humas, public speaking, blogging, manajemen website, dll., konsep pelatihan efektif di atas insya Allah saya laksanakan. Kontak saja romeltea@yahoo.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here