Home Blogging Tips Blogging: Cara Membuat Blog Pribadi

Tips Blogging: Cara Membuat Blog Pribadi

cara membuat blog pribadi

Tips blogging cara membuat blog pribadi merupakan kiat dasar bagi pemula –orang yang baru memulai ngeblog atau baru bikin blog. Membuat blog adalah langkah awal, blogging tingkat elementer (beginner), sebelum ke level intermediate dan advace.

Kenapa disebut blog pribadi atau personal blog? Bukankah blog itu jenis website pribadi?

Dulu, ya, benar, blog identik dengan situs web pribadi. Sejarah blog juga demikian –dimulai dari halaman web perorangan berisi catatan atau¬†log berupa link ke website lain.

Kini, definisi blog sudah berkembang, meluas, ke dunia bisnis, khususnya bidang marketing –dikenal dengan istilah blog bisnis atau blogging for business.

Dalam konteks bisnis, blog itu bagian dari strategi pemasaran konten (content marketing) berupa pembuatan konten tulisan berbagai topik untuk popularitas website bisnis atau brand.

Contoh blog bisnis antara lain Blog Tokopedia, Blog Gramedia, dan Blog Acer Indonesia. Karenanya, praktisi marketing dan humas juga harus paham tentang blog dan blogging.

Karena itu pula, salah satu jenis blog adalah personal blog atau blog pribadi. Blog pribadi adalah blog tentang Anda. Ini akan mencakup berbagai topik, dari hal-hal yang Anda lakukan setiap hari, hingga pemikiran dan renungan acak.

Blog pribadi adalah media yang bagus untuk membagikan pemikiran Anda kepada dunia tanpa harus terpaku pada satu topik saja.

Haruskah Punya Blog?

Tidak harus, tapi semua orang butuh media untuk berbagi dan berekspresi dan kini eranya media online atau platform digital. Blog salah satunya.

Mengutip Themeisle, ada banyak ruang di internet untuk semua orang. Orang suka berbagi ide, menyuarakan pemikiran mereka, dan bahkan mungkin mencoba menjangkau pemirsa global.

Salah satu caranya adalah dengan membuat blog pribadi. Blog sangat efektif karena beberapa alasan. Yang paling utama adalah 77% pengguna internet membaca blog. Jadi, audiens potensial Anda sudah ada di luar sana!

Menurut Blog Starter, salah satu kesalahpahaman tentang blog atau blogging adalah bahwa Anda harus menjadi penulis yang hebat.

Orang-orang membaca situs blog untuk mendapatkan perspektif pribadi tentang berbagai hal. Kebanyakan blogger menulis dengan gaya percakapan yang sangat informal.

Karena formatnya, banyak blogger sukses akan menulis tentang berbagai topik di blog yang sama.

Selain itu, Anda tidak perlu menjadi ahli dalam topik apa pun yang Anda tulis untuk memiliki blog yang sukses. Misalnya, pengunjung blog memasak tidak ingin membaca buku teks dari ilmuwan makanan, mereka ingin mendengar pengalaman seseorang yang benar-benar telah memasak makanan sungguhan, kesalahan, dan sebagainya.

Untuk menjadi blogger yang sukses, hanya ada satu persyaratan: hasrat (passion) untuk topik konten blog Anda!

Pada intinya, blogging adalah tentang berbagi pengetahuan Anda dengan dunia. Menulis tentang hal-hal yang Anda sukai membuat proses memulai blog yang sukses jauh lebih mudah.

Selama Anda menulis tentang hal-hal yang benar-benar Anda minati, hasrat Anda akan bersinar dan membuat pengunjung Anda tetap tertarik.

Jadi mengapa Anda mau repot-repot ngeblog? Ada beberapa alasan:

1. Berbagi

Bagikan kisah Anda! Sebuah blog memungkinkan Anda untuk memiliki suara dan didengar. Anda dapat berbagi cerita Anda dengan seluruh dunia jika Anda mau.

Salah satu cara blog yang paling umum digunakan adalah sebagai “buku harian” (online diary) tempat blogger menulis tentang pengalaman sehari-hari mereka sehingga teman, keluarga, dan orang lain dapat menjadi bagian dari kehidupan mereka.

2. Hasilkan uang dari rumah

Blogging bisa sangat menguntungkan jika dilakukan dengan benar. Blogger top di dunia jelas menghasilkan cukup banyak, tetapi bahkan blogger paruh waktu dapat berharap mendapat untung besar jika semuanya dilakukan dengan benar.

Bagian terbaiknya adalah bahwa blogging adalah bentuk penghasilan pasif (passive income), karena Anda dapat menghabiskan hanya beberapa jam seminggu untuk menulis sebuah konten dan kemudian terus mendapatkan keuntungan darinya lama setelah penulisan selesai.

3. Eksistensi

Blog berguna untuk mendapatkan pengakuan untuk diri sendiri atau bisnis Anda. Tidak, Anda mungkin tidak akan memiliki paparazzi yang mengikuti Anda karena pos terbaru Anda. Tetapi blog yang sukses membuat ide Anda menjadi kenyataan, dan dapat memberi Anda banyak pengakuan di bidang Anda masing-masing.

Banyak blogger dikenal sebagai ahli hanya karena blog mereka, dan beberapa bahkan mendapatkan penawaran buku, bahkan film, berdasarkan blog mereka.

4. Temukan komunitas

Blogging pada intinya bersifat interaktif. Anda menulis posting dan orang-orang mengomentarinya. Ini adalah cara yang baik untuk terhubung dengan orang-orang yang tertarik pada hal yang sama seperti Anda.

Blogging memungkinkan Anda untuk mengajar orang-orang ini berdasarkan pengalaman Anda, dan ini memberi Anda kesempatan untuk belajar dari pembaca Anda juga.

Cara Membuat Blog Pribadi

Cara membuat blog pribadi sangat mudah. Semudah membuat akun email atau akun media sosial. Anda hanya perlu memiliki akun emal. Bahkan, akun Gmail bisa langsung login ke platfom blog Blogger milik Google. Anda tinggal membuat blog pribadi di sana.

Demikian juga jika Anda membuat blog pribadi di WordPress, Wix, atau platform blog lainnya. Anda hanya perlu sebuah akun email untuk login dan membuat blog di sana.

1. Pilih Platform Blog

Jadi, langkah pertama membuat blog pribadi adalah memilik platform blog dan membuat akun untuk blog pribadi Anda di sana.

Pilih salah satu platform blog populer berikut ini. Bisa juga pilih semuanya jika Anda mau:

  • Blogger: www.blogger.com
  • WordPress: www.wordpress.com
  • Wx: www.wix.com
  • Medium: www.medium.com
  • Kompasiana: www.kompasiana.com
  • Website: www.website.com
  • Etc.

Platform blog terbanyak digunakan adalah Blogger dan WordPress.

2. Pilih Nama Blog

… to be continued!

 

 

6 COMMENTS

  1. Lha iya, pasti muncul di beranda, 'cause manifold itu 'kan page (halaman), bukan kategori. Baiknya bikin kategori manifold, lalu nanti artikel yg bertema pendidikan atau politik dimasukkan dalam kategori manifold itu, pasti muncul di sana. jamin 100%!

    Bisa juga begini…. artikel yg bertema pendidikan atau politik itu langsung diposting di page manifold itu, tapi itu nanti panjang banget tuh isi halamannya.

    So, Create New Category (manifold), lalu silakan coba posting lalu dicentang kategori manifold-nya….

  2. Mas Romel saya mohon bantuannya, saya punya blog wordpress versi free dan saya menambahinya dengan beberapa halaman yaitu beranda, about me dan manifold. yang saya bingungkan sekarang adalah cara memposting artikel karena selalu tidak bisa di posting d hlaman yang saya pilih. contohnya artikel yg bertema pendidikan atau politik rencananya saya posting di halaman manifold tapi ko' selalu muncul di beranda. please I do need your helping. thank you.

    NB: kalau bisa balas k email saya mas rome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here